Google Adwords atau SEO ? terkadang kedua pilihan ini membingungkan bagi para pelaku bisnis online atau para pemilik toko online. Google Ads ataupun SEO ini sangat penting dan dibutuhkan untuk optimasi pemasaran di dunia online. Google Adwords atau SEO merupakan 2 cara berbeda, dan masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
Berikut akan kami berikan perbandingan manakah yang lebih baik antara menggunakan metode Google Adwords atau SEO sebagai media strategi pemasaran bisnis online Anda.
Pilih Mana Google Adwords atauSEO?
Google Adwords adalah platform periklanan dari Google yang mana kita bisa mengatur iklan bisnis kita, yang bisa kita setting meliputi keyword, lokasi target pasar, bahasa, dll.
Keuntungan Beriklan di Google Adwords / Google Ads
1. Iklan Cepat Tayang Diposisi Teratas
Anda tidak perlu kesulitan untuk menjadikan website pribadi muncul dan tayang di hasil halaman 1 google untuk mendapatkan traffic pada website anda. Website akan tayang sesuai dengan keyword yang anda inginkan dalam hitungan jam, namun untuk menggunakan google ads memerlukan biaya yang relatif besar. Tentu hal ini tidak masalah bagi anda yang berkantong tebal dan lebih mengutamakan kualitas. Tetapi, anda sebagai pelaku bisnis online juga harus tetap memperhitungkan return on investment / hasil yang di dapat setelah beriklan menggunakan Google Ads.
2. Target Cepat Tercapai
Target pengunjung anda akan cepat tercapai, selama anda tetap berlangganan kepada mereka.
3. Menghemat Waktu
Tentu dengan anda menyewa Jasa Google Ads sebagai media pemasaran online, akan menjadikan pekerjaan anda lebih ringan dan iklan anda terjamin selama anda selalu rutin membayar jasa mereka.
Kekurangan Google Adwords / Ads
1. Membutuhkan Biaya Lumayan Besar
Meskipun terlihat mudah, hanya dengan anda menentukan keyword maka akan mendapatkan traffic yang besar ke website / blog anda. Tetapi beriklan di Google Ads membutuhkan biaya yang cukup besar.
2. Pengelolaan Iklannya Harus Tepat dan Tertarget
Disamping itu pengelolaan iklannya juga harus tepat, jangan sampai terjadi tagihan kartu kredit anda membengkak
karena anda salah dalam menargetkan keyword-keyword yang anda bidik.
3. Iklan Tidak Bertahan Selamanya
Iklan anda akan bertahan selama anda rutin membayar jasa mereka, jika anda tidak punya modal uang tentu iklan anda akan turun peringkat, atau tidak tayang di halaman satu google lagi.
Jenis-jenis Google Ads
1. Sistem PPC atau Pay Per Click
Sistem dimana para pengiklan membayar iklan mereka berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi, apabila tidak ada yang melakukan klik pada iklan yang anda pasang, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.
2. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions
Sistem dimana para pengiklan membayar produk yang mereka iklankan melalui google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayangnya iklan tersebut.
Teknik SEO
SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis oleh pakar seo/web master yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic dan kualitas konten pada suatu website dan untuk mendapatkan posisi terbaik supaya bisa menduduki di halaman pertama hasil mesin pencarian google atau mesin pencarian yang lainnya.
Tujuan SEO
Melakukan metode SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya di halaman pertama hasil mesin pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang telah di analisa / riset untuk ditargetkan. Secara logisnya, situs web yang telah menempati posisi teratas pada hasil mesin pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung potensial. Pengunjung bisa dikonversikan menjadi calon customer atau tujuan lainnya, ini dapat di setting pada saat awal meriset keyword + optimasi pembuatan konten / artikel.
Keuntungan SEO
1. Pendapatan Tak Terbatas
Tidak terbatas jumlah per klik / kunjungan web sehingga akan mendapatkan profit unlimited / tak terbatas dan hasil ROI lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan Google Adwords/Ads untuk waktu jangka panjang.
2. Akan Memiliki Mesin Promosi Gratis 24 Jam
Melalui teknik SEO ibarat seperti memiliki mesin promosi gratis secara terus-menerus tidak akan pernah berhenti, dimana akan bekerja penuh selama 24 jam tayang di halaman mesin pencarian google.
Kekurangan SEO
1. Membutuhkan Perhatian Khusus
Perlu anda ingat bahwa SEO membutuhkan “perhatian khusus” dalam merawat blog/website dengan berbagai cara legal oleh pihak google, seperti : update membuat konten/artikel berkualitas, share ke media sosial, membangun link, dan lainnya.
2. Butuh Waktu Lumayan Lama
SEO bukanlah sesuatu hal instan dalam proses menjadikan situs anda dapat tayang di laman pertama hasil mesin pencarian secara berkala, untuk mendapatkannya memerlukan proses, waktu dan evaluasi yang berkelanjutan. Hasilnya tentu dari progres SEO tidak dapat anda lihat dalam waktu hitungan jam, progresnya memerlukan waktu berminggu- minggu atau bahkan bulanan. Semua nantinya akan terlihat seiring dengan berjalannya waktu.
Kesimpulan dari metode strategi pemasaran online di atas yaitu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka dari itu bagi anda sebagai pelaku bisnis online lebih baik gabungkan kedua teknik tersebut. Dan apabila anda tidak mempunyai waktu atau skill untuk melakukan itu semua, anda bisa kerja sama atau serahkan semua pada ahli nya, di dunia internet banyak penyedia jasa beriklan di Google Adwords / Ads dan penyedia Jasa SEO Terpercaya, seperti di suryadigitalmarketing.co.id | Surya Digital Marketing merupakan profesional digital marketing agency, dengan team yang berpengalaman siap membantu memasarkan dan mengembangkan bisnis Anda, ingin mengetahui info detailnya bisa menghubungi admin di nomor telepon 0813 9080 8075.